Buat yang nge-bit sebaiknya pilih rantai.

ok guys kenapa saya bilang sebaiknya pilih pakai rantai. sebagai penggerak roda rantai sudah tentu mempunyai kekuatan yang lebih kuat. Rantai terbuat dari logam dan dirancang presisi sebagai pasangan gear sebagai penggerak roda. Karena dibuat presisi kehilangan energi atau selip antara rantai dan gear kemungkinannya sangat kecil terkecuali bila gigi gigi gear sudah sangat tipis. Sebab lain yang bisa menyebabkan selipnya rantai yaitu apabila rantai putus atau rantai yang terlepas dari trak gear.

Terlepasnya rantai dari gear ada beberapa kemungkinan. Pertama bisa disebabkan karena setelan rantai yang terlalu kendor. Kedua adalah karena rantai yang sudah terlalu lama dipakai bisa menyebabkan rantai menjadi kendor longgar dan aus. Namun demikian kendala seperti di atas bisa dikurangi atau diperlama masa pakai rantai dengan cara memberikan pelumas secara teratur pada rantai dan gear.

Nah kalau nge-bit menggunakan motor teknologi rantai dan anda rajin memberikan pelumas pada rantai dijamin masa pakai rantai awet. Sudah tentu kalo rantai awet akan membuat biaya penggantian sperepart menjadi lebih hemat. Selain awet kenyaman berkendara anda juga lebih maksimal karena pelumas akan meredam gesekan rantai ke gear atau pada rantai rantai itu sendiri.

Nah ini yang paling penting adalah bahwa motor yang menggunakan teknologi rantai lebih hemat bahan bakar. Selain hemat bahan bakar harga sparepart rantai dan gear jauh lebih murah dari pada harga set cvt pada motor matik. Sebagai perbandingan 1 set cvt roller + timing belt + rumah roler+sill+kampas otomatis diperkirakan 750rb sd 850rb. Cobs bandingkan se set rantai gear plus karet 300 ribu. Diperkirakan durasi kerusakan teknologi cvt akan lebih cepat rusak.

So saran ane yang mau buat nge-bit pilihlah motor teknologi rantai misalnya supra x, revo, gtr , jupiter dan motor2 cup lainnya. Percaya dah menang hemat karena selain hemat bbm anda juga dapat menghemat biaya penggantian sparepart.